MERK

Haruskah sebuah produk di beri MEREK?
Dalam memasarkan sebuah produk atau layanan jasa berhubungan erat dengan apa yang disebut MEREK. Andaikan suatu waktu anda kehausan dan pada saat itu anda melihat sorang penjual minuman dibuah kedai, yang menjual berbagai minuman, baik dalam kemasan ataupun yang diracik ditempat dan anda berniat membeli sebotol minuman dingin, apapun itu. Kira-kira apa yang akan anda tanyakan kepada sipenjual minuman tersebut? tentu anda akan menyebutkan “MEREK” yang anda inginkan bukan? Jadi, sebetulnya, apa fungsi MEREK itu? Ahli pemasaran, Hermawan Kartajaya pada seminar bertema: “Menaklukkan Pasar Dunia: Membangun dan Melindungi Merek“, di Gedung Departemen Perindustrian, Jakarta selatan (Selasa, 13/05/2008), mengatakan bahwa, “Merek sebuah barang atau jasa sangat erat hubungannya dengan pemasaran. Makanya, tanpa merek, barang atau jasa menjadi tidak jelas identitasnya“. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Fungsi merek merupakan “Identitas”, dimana Identitas ini merupakan faktor pembeda antara suatu produk / jasa dengan produk/ jasa lainnya. Merek disini yang membedakan “nilai jual” sebuah produk, meskipun berasal dari bahan baku yang sama. Contoh: Jika anda pemain konveksi, mungkin pernah bekerjasama dengan perusahaan garmen besar dan “punya nama”, katakanlah namanya ABCDEF. Disini anda memproduksi sebuah kemeja/ kaos tanpa merek, yang jika dijual dihargai pasar senilai Rp.50.000/ pcs. Tatapi, perusahaan garmen besar ABCDEF tadi memesan kemeja/ kaos dari anda tanpa merek dan oleh perusahaan tersebut kaos/ kemeja tersebut di beri sebuah “MEREK” mereka, dan bisa dijual di pasaran senilai Rp. 150.000 / pcs. Jadi, sebenarnya, apakah yang dibeli konsumen? Baju atau Merek-nya? Sebenarnya yang dibeli konsumen adalah sebuah merek. Fungsi merek disini adalah “faktor pembeda”, antara suatu produk dengan produk lainnya, walaupun bahan, warna, dan kualitasnya sama. Selain faktor pembeda, ternyata merek disini juga memberikan “value” yang berbeda pula, baik dengan produk yang tidak diberi merek atau produk dengan merek lain. “Seringkali orang tidak sadar bahwa merek adalah bagian penting dari marketing. Buat apa produk bagus tetapi tidak diikuti dengan merek yang kuat,” ujar Hermawan. Lebih lanjut hermawan mengatakan, “keberadaan merek tak ubahnya dengan jati diri sebuah barang atau jasa. Apalagi bagi pengusaha yang memang ingin bersaing di pasar global, merek menjadi suatu pegangan dalam pemasaran barang atau jasa“. “Jika pengusaha ingin mencari pelanggan yang setia, biasanya diperlukan merek. Tapi kalau ingin sekedar jualan, ya tidak perlu merek,” ujar Hermawan lagi. Menurut Hermawan, harus ada kesadaran yang kuat dari para pelaku bisnis di Indonesia untuk mendaftarkan merek barang atau jasa yang dihasilkan. Karena, kelalaian itu menjadi makanan empuk bagi pengusaha di luar negeri untuk mencuri Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI). “Jadi, kalau sebuah produk belum mendapatkan sertifikat HaKI, jangan marah kalau produk tersebut di gunakan oleh orang-orang dari negara *Maxxxxxx,” tegas Hermawan. Direktur Merek Departemen Hukum dan HAM, Ahmad fauzan, mengakui bahwa pemerintah hanya melindungi barang dan jasa yang merek-nya sudah didaftarkan. “Berdasarkan ketentuan hukum, siapa yang mendaftar, dia yang dilindungi,” katanya. Menurut Ahmad, biaya pendaftaran merek tidak mahal, yaitu Rp 450.000.

14 thoughts on “MERK”

  1. saya tertarik untuk mendaftarkan merek prod saya..
    ka;o boleh tahu, dimana dan dengan syarat-syarat apa saja untuk bisa mendaftarkan sebuah merk..
    soalnya saya kurang tahu masalahn itu..
    terimakasih sebelumnya..

  2. waduhhhhh
    tolong informasi dong dimana tempat mendaftarkan mereknya ni??
    takut keburu diambil ma org yg ga kreatif ni punya saya??

    1. pendaftaran merek dilakukan di Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Departemen Hukum dan HAM RI di Tangerang , yang perlu diperhatikan dalam pendaftaran merek adalah antara lain :
      1. Mengisi formulir pendaftaran merek
      2.Membuat Surat Pernyataan Merek
      3. Membuat contoh etiket merek
      4. Membayar biaya pendaftaran merek
      5. Menentukan kelas merek yang didaftar
      Pemohon pendaftaran akan memperoleh bukti pendaftaran dari Dirjen HAKI

      kalau ada yang tidak jelas bisa via email ndrajaya@gmail.com

    1. permisi sya dari oseanation clothing , buat yg pnya distro ,kami manyediakan saat ini yg ada produk t shirt .. sistemnya beli putus min pembelian 1 lusin , desain yg di tawarkan indonesian theme , yg masih jarang di pasaran .. untuk desain bs di cek di http://www.facebook.com/oseanation
      unutk info / tanya2 bs sms/call : 0857 8233 5395 ( pran),
      BB : 30E4FBED

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s