MENGENAL SQUEEGEE/RAKEL

Mengenal Squeegee / Rakel
Written by hanzo

Inget ya kawan – kawan benda yang satu ini terbuat dari karet ( lebih tepatnya polyurethane ), meskipun namanya aneh ( squeegee – sodaranya spongebob kali ya ), fungsi rakel ini sangat penting dalam menyablon, yaitu untuk menyapu tinta dalam screen sehingga jatuh ke permukaan media yang ingin kita cetak.

Terdiri dari gagang ( handle ) dan karet rakel ( squeegee ), sama seperti screen gagangnya bisa terbuat dari kayu atau aluminum. Untuk karetnya tersedia dalam berbagai macam ukuran dan bentuk tepinya ( blade ), ada yang berujung kotak, lancip, lancip sebelah, bulat, dsb. ( biasa digunakan yang berujung lancip atau kotak ). Yang penting untuk diketahui mengenai rakel ini adalah mengenai daya tahannya terhadap solvent / minyak, untuk tinta textile yang paling banter mengandung minyak terpin, maka cukup anda gunakan karet yang setidaknya mampu bertahan terhadap minyak terpin tersebut.

Perlu diperhatikan juga mengenai teknik penyapuan tinta saat kita menggunakan rakel ini, posisi yang benar adalah dengan kemiringan 60 – 85 0 bila kita menggunakan blade kotak ( 90 0 dengan blade runcing ), dan saat menyapunya posisi tidak boleh bergoyang / harus mantap. Untuk memperoleh sapuan yang sempurna anda tentunya harus terus berlatih. Dan sebenarnya tiap – tiap praktisi sablon memiliki gayanya masing – masing dan juga ada banyak teknik yang berbeda untuk bidang cetak yang berbeda pula.

One thought on “MENGENAL SQUEEGEE/RAKEL”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s