MENGENAL OBAT AFDRUK /STENCIL

mengenal Obat Afdruk / Stencil PDF Print E-mail
Written by hanzo
Ada banyak istilah untuk menyebutkan obat yang satu ini. Di beberapa daerah ( mis ; Jakarta ) terkenal dengan sebutan ULANO, yang mana sebenarnya hanyalah salah satu merk dari produk peralatan sablon yang cukup terkenal ( seperti halnya kita menyebut AQUA saat kita hendak membeli air mineral, padahal ada banyak merk lainnya ).

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, obat afdruk ini sifatnya peka terhadap cahaya, biasanya terdiri dari dua komponen yaitu cairan kental ( emulsion ) dan cairan sensitizer ( berwarna orange ā€“ inilah komponen ajaib yang menyebabkan obat afdruk tersebut menjadi peka terhadap cahaya

TIPS :

Bila kedua komponen ini sudah tercampur ( resmi kita panggil obat afdruk ), maka obat afdruk tersebut akan memiliki masa pakai / kadaluarsa ( kurang lebih sekitar 1 bulan ), oleh karena itu lebih baik anda mencampur kedua komponen tersebut dalam jumblah yang benar ā€“ benar anda perlukan saja sehingga tidak terbuang percuma.

Salah satu hal yang mungkin perlu anda ketahui adalah biasanya orang mengenal adanya perbedaan antara obat afdruk berbasis air / waterbase dengan obat afdruk yang berbasis solvent / minyak. lalu apa perbedaannya ? sangat sederhana sebenarnya, buat yang waterbase, obat afdruk jenis ini relatif tahan terhadap air / tinta yang berbasis air ( hampir semua tinta textile berbasis air ) dan sebaliknya obat afdruk solventbase relatif tahan terhadap minyak / solvent dan tinta yang berbasis minyak. Jadi sangat penting buat anda untuk mengetahui jenis dan karakteristik tinta yang anda gunakan saat anda hendak membeli obat afdruk yang sesuai.

4 thoughts on “MENGENAL OBAT AFDRUK /STENCIL”

  1. mas,,proses pembuatan klise untuk obat afdruk yang waterbase dengan yang solventbase sama tidak??mulai dari coating sampai developing….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s