TEKNIK HEAT / HOT PRESS & TEKNIK TRANSFER PRINT

Teknik Heat / Hot Press & Teknik Transfer Print.(writen by hanzo)

Meskipun bukan murni teknik sablon, tapi banyak yang menggolongkan kedua teknik ini ke bidang sablon. Mungkin anda pernah mendengar atau melihat hasil print yang disebut; Aluminum FOIL, Flocking / Bludru, Embos, dan digital printing / transfer prints. OK di tutorial ini saya akan membahas secara sekilas mengenai teknik – teknik ini, supaya anda dapat mengenalnya.

heat press machine

image : Heat / Hot Press Machine for T-hirts

Aluminum FOIL

Dengan menggunakan lembaran aluminum foil yang khusus dikembangkan untuk pencetakkan, teknik ini memanfaatkan panas mesin Heat / Hot Press untuk melakukan pentransferan gambar / bentuk yang diinginkan. Untuk media kertas / plastik maka biasanya membutuhkan sebuah moulding / plat cetak untuk dapat menghasilkan bentuk yang ingin dicetak. Namun untuk di media kain / textile / kaos, sistem pentransferannya hanya membutuhkan lem perekat khusus untuk dapat merekatkan lembaran foil tersebut ke kain. Untuk menghasilkan bentuk / gambar yang dikehendaki, maka anda dapat menyablonkan lem untuk foil tersebut dengan cara sablon yang seperti biasa, lalu anda tinggal melakukan pengepressan lembaran foil diatas lem yang telah disablonkan tersebut.

Flocking / Bludru

Sama dengan teknik FOIL , anda perlu sebuah lem khusus untuk merekatkan lembaran bludrunya. Untuk penerapan di media kertas ( tidak pernah digunakan untuk media plastik ), tidak perlu menggunakan mesin Heat / Hot Press dan moulding, cukup menyablonkan lemnya di media tersebut lalu mengepressnya dengan cukup memberikan tekanan / beban berat.

Embos

Teknik ini bertujuan untuk menimbulkan bentuk yang menjorok kedepan ( timbul ). Anda perlu membuat moulding / plat cetak khusus untuk emboss untuk melakukan teknik ini, juga harus menggunakan mesin PON / Preassure Press sehingga mendapatkan tekanan yang cukup untuk dapat mengasilkan efek timbul yang bagus.

Digital Printing / Transfer Prints

Teknik ini sebenarnya sudah ada sejak lama, dan teknik pentransferan memiliki banyak variasi dalam penggunaannya. Salah satunya adalah yang sering kita dengar akhir – akhir ini yaitu digital prints. Dengan adanya perkembangan dalam teknologi printer dan khususnya teknologi tintanya, sekarang dengan tinta khusus yang disebut tinta sublimasi, maka kita dapat melakukan proses transfer hasil print ke media yang diinginkan hanya dengan menggunakan kertas biasa. Pentransferannya membutuhkan mesin heat / hot press karena prosesnya membutuhkan panas agar tinta sublim tersebut dapat berpindah / transfer. Kelemahannya adalah hasil cetaknya tidak tahan lama dan tidak dapat menghasilkan handfill atau efek – efek khusus tertentu yang diinginkan sebagaimana halnya bisa anda lakukan dengan teknik sablon manual.

TAMBAHAN : ada juga teknik printing yg disebut Direct Printing. Sebenarnya teknik ini hanya modifikasi dari teknologi printer komputer yg sudah ada, komputer tersebut dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk memprint sebuah kaos / t-shirts secara langsung, tintanya pake tinta sublimasi.

52 thoughts on “TEKNIK HEAT / HOT PRESS & TEKNIK TRANSFER PRINT”

  1. bro.. mo nanya soal kertas cetak untuk bahan katun yg katanya import dari amrik.. kalo wa mo beli wa minta info tempat belinya dong.. mohon pencerahannya.. ^_^

  2. bro.. mo nanya soal kertas cetak untuk bahan katun yg katanya import dari amrik.. kalo wa mo beli wa minta info tempat belinya dong.. mohon pencerahannya.. ^_^
    kalo udah tau tolong kirim ke email puding_samaran@yahoo.com ya.. pleassseeee

  3. Ada jual kertas transfer yg bagus?
    Kl teknik alumunium foil itu pk kertas alumunium biasa? lemnya ap y?
    trus kl mau buat label/tag untuk kerah baju berapa y?

  4. berapa tahan lama sablon menggunakan transfer prints dan dimana tuk buli tinta sublimasinya,serta bagusan mana sablon mengunakan aluminum foil dgn flocking/bludru makasih tas jawabannya?

  5. mas bos mau tanya neh…

    cara sablon foil, flocking, ma glitter tu gimana ya???
    pa musti pake hot press yak?

    pake setrika j ga bisa tow???
    hehehe…maklum baru nyoba-nyoba…

    mohon bimbingannya y mas bos..
    nuwun

  6. bro thanks banyak infonya, mau tanya nich..
    apa ada cara lain untuk hot press tanpa mesin,
    mesinnya kan lumanya mahal, maksudnya cara yang lebih murah.

    trims banyak

  7. mau tanya..aku kan beli mesin press baju..pas di pake itu sering banget ga nempel ke baju gt,sebagian nempel sebagian terkelupas.aku pake kertas transfer paper gt,yang kotaknya warna hitam..aku mau tanya.cara mapai mesin press yang benar bagai mana?atau ga menggunakan cara seperti apa?apa ga cocok kertas atau tintanya?
    kalau bisa di sms aja ke nomr hp ku di 08170048929 atau ga malas ke email ku.
    terimakasih.

  8. mas bos
    untuk hot press bahan apa bisa buat warna gelap? saya dengar ada cairan coating khusus
    cuma sampai sekarang saya gak ketemu nyarinya.,.
    btw apa ada alterntif agar sablon hot press bisa tahan lama??
    trims untuk info nya

    1. mas bos
      untuk hot press bahan apa bisa buat warna gelap? saya dengar ada cairan coating khusus
      cuma sampai sekarang saya gak ketemu nyarinya.,.
      btw apa ada alterntif agar sablon hot press bisa tahan lama??
      trims untuk info nya

  9. mas,,,,please bantuannya…..aku mau nyari perekat untuk nempelin foil/bludru,,,,,nama lemnya apa yah?trus bisa di beli di mana?//??/??pl;ese…thanks

  10. gua mo beli heat press ma tinta sublimasi ma transfer paper dimana ya, gua da di tasikmalaya, ato klo ada yg mo jual kasih kabar donk.thx

  11. ada ga alternatip lain untuk pengganti mesin hotpress..?
    soalnya lihat harganya itu lhoo… aduh mahal bangeettt…
    trus hasil sablonan ada juga yg kalo kelamaan tu kliatan pecah2 bahkan rontok kenapa ya..??
    supaya kuat awet n tidak pecah2 n tidak rontok gimana ya..???

    mohon dijawab boss.. soalnya saya tertarik banget dgn dunia persablonan terutama sablon kaos…

    terima kasih

    (djwb k email saya jga gpp)

  12. mas, mo nanya klo merk lem yg dipakai untuk nyablon apa ya?
    soalx bingung pake apa, lem fox atau ada yg lain?
    bisa ga barangnya di pesan ma situ?
    mohon bimbingannya guru…

  13. hi, mo nanya nih emang kalo untuk flocking/bludru kalo untuk media kertas bisa ya, kemarin saya tanya ke showroom ulano mereka jual lembaran bludurnya kok mrk bilang tidak bisa ya? hanya untuk media textile saja? apa materialnya lembaran bludrunya ngak sama? tau ngak mau beli dimana untuk lem dan lembarannya? saya di surabaya. trus untuk lem sablonnya pake obat dan screen apa ya? thx for your attention

  14. Bener tuh, mending di jawab di sini aja, jadi kita2 yg masih bego jadi tahu. Contohnya pertanyaan : “apa ada cara lain untuk hot press tanpa mesin,
    mesinnya kan lumanya mahal, maksudnya cara yang lebih murah”.
    “lebih tahan mana tehnik sablon kaos mengunakan Direct Printing dengan tinta sublimasi atau mengunakan Transfer Prints”.
    “klo beli/pesan printer yang bisa langsung ngprint ke kaos di indonesia dimana y?
    harganya berapa?”

  15. Mohon kiranya bisa saya dibagi pengalaman bagaimana proses sablon di kaos , baju , payung dengan tehnik Transfer Prints ini ? ( tampa menggunakan alat mesin press ) atau memakai mesin press.

    Thanks,

    Salam

    Nhy

  16. sablon flocking untuk media kertas apakah sama dengan yg media kaos?
    apa terima jasa flocking media kertas untuk undangan dan kartu nama? trims!

    Hanny

  17. maaf maz saya ingin tanya…
    1. saya baru punya msin press…ketika saya coba kenapa ya hasilnya ko’ malah seperti sablon karet ( agak tebel,pecah2 gitu ) padahal saya sudah pakai transfer paper dan saya print pakai R230…??kenapa hasilnya tidak tajam dan tipis gitu..??

    2.berapa harga mesin HOT print untuk cetak undangan timbul ya..??

    mohon infonya yach…
    terimakasih…

  18. kk nanya dunk buat kertas foil, flock n dll itu bisa cari dimana ya ? dan lem perekat khusus apa ya n cari dimana ?
    tolong dibantu ya kk saya mo coba buka usaha tapi masi newbie nih.
    info ke email aku ya kk makasih byk nih.
    jt_1011@yahoo.com

  19. Mau nanya bro, yg pakai pres sablon, Printernya merk apa, tinta printernya apa, kertas transfernya apa. Ngepresnya brapa lama? Thanks.

  20. Bos mau tanya lem apa yg dipakai untuk sablon foil tsb ? Bgmn cara mengatasi screen yg buntu krn lem tsb ? Dimana kita bisa beli lem tsb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s