THE CITY OF INDIE MUSIC

Ini adalah sebuah konsep tentang kota yang kreatif. Tentu saja tidak melupakan kota lainnya di Indonesia. Perencanaan yang sifatnya dimulai dari potensi yang terkuat dan berkembang dengan sendirinya ke kota lainnya. Didasari oleh potensi yang telah berkembang maupun yang belum terangkat serta komponen pendukungnya yang terdapat pada kota. Ini dilakukan dengan pengenalan atau promosi untuk mendatangkan penikmat musik dari daerah setempat dan sekitarnya.

Kita telah melakukan ataupun mempunyai banyak komunitas yang mewadahi bersifat off maupun online yang saling membantu satu sama lainnya. Yang mendukung dan memudahkan pergerakan musisi untuk berpindah menjadi musisi yang independent. Menguatkan jaringan dan dukungan yang saling menguntungkan antar yang berkepentingan dengan tidak menghilangkan kekuatan pertemanan yang terbaik.

Yang terpenting adalah menciptakan/menghargai musisi dengan mengadakan pertunjukkan rutin bagi musisi lokal yang terbaik. Suatu bentuk pasar yang sangat berpotensi dan kompetitif untuk mendatangkan penghasilan musisi lokal daripada bentuk rekaman dan distribusinya ataupun bentuk pengenalan lainnya kepada publik. Ketika dengan mudahnya bentuk rekaman tersebut dicurangi dapat berbalik merugikan musisi dan perusahaan rekaman. Segala sesuatu yang berhubungan dengan profit disini akan mempunyai dampak terhadap publik yang akan selalu menjadi bahan pertimbangan. Setelah ini telah berjalan dengan baik perlu adanya pertukaran dan perputaran dengan kota lainnya yang menjadi bagian dari akses yang memudahkan, pertemanan dan jaringan ataupun pengenalan.

Selanjutnya memperdayakan produknya dijalur yang positif sebagai bagian dari kota kreatif yang dapat meningkatkan ekonomi setempat.

Keseluruhan pada kota kreatif akan berkembang ke kota lainnya dan memerlukan suatu proses dan waktu yang tidak cepat, tentu saja perlu adanya dukungan dari semua pihak yang kompetitif.

Writer: Teguh Arief


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s