MEMBERSIHKAN SCREEN SABLON

Membersihkan Screen Sablon PDF Print E-mail
Written by hanzo
Screen dapat anda pakai secara berulang – ulang sampai kain screen tersebut robek atau tidak dapat dilalui lagi oleh tinta sablon.

Dengan melakukan perawatan yang benar, maka anda dapat melakukan penghematan dalam membeli screen yang baru.

Nah, salah satu perawatan yang perlu anda lakukan adalah dengan selalu melakukan proses pembersihan terhadap screen, baik screen itu hendak dipakai atau akan anda simpan untuk dipakai di kemudian hari.

Ada dua kondisi dimana anda harus membersihkan screen, yaitu pertama untuk menghilangkan sisa – sisa tinta seusai menyablon dan kedua untuk menghapus obat afdruk / stencil sehingga kain saring terbebas dari obat afdruk tersebut seperti kondisinya yang semula.

Ada banyak obat / bahan – bahan kimia yang dapat anda gunakan untuk proses ini, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, jadi anda harus mencoba – coba sendiri mana yang lebih efektif yang dapat anda gunakan. Tapi jangan khawatir, di Tutorial ini akan kami coba bahas secara lengkap.

Pertama, membersihkan screen dari sisa – sisa tinta :

Sebelumnya, kami menganjurkan untuk tidak membiarkan tinta yang telah anda tuangkan diatas screen sampai mengering. Tinta – tinta textile terutama tinta rubber / karet saat mengering akan menggumpal dan dapat menyumbat pori – pori kain saring / screen. Bila gumpalan tinta ini tersangkut diantara sela – sela kain saring, maka akan sangat sulit untuk dibersihkan. Untuk itu selalu biasakan diri anda untuk membersihkan tinta diatas screen sebelum tinta itu menjadi kering.

Untuk membersihkan tinta yang masih belum mengering anda cukup membersihkannya dengan lap yang telah dibasahi dengan air, atau anda juga dapat membersihkannya dengan bantuan air yang mengalir dan mengusapnya secara perlahan sampai tinta tersebut bersih semuanya dari screen. Namun hati – hati, karena meskipun obat afdruk yang anda gunakan berjenis waterbase yang relatif dapat menahan serangan air, tapi dalam intensitas tertentu air dapat merusak afdrukkan yang telah anda buat.

TIPS 1 : anda dapat menggunakan cairan PRINTOL / Textile Retader untuk membantu melunakkan sisa – sisa tinta textile yang sedikit sulit untuk dibersihkan. O ya, cairan ini dapat juga membantu anda dalam proses penyablonan ( terutama untuk tinta jenis rubber / karet ), karena berfungsi menghancurkan tepung yang terkandung di jenis tinta seperti ini, sehingga saat anda menyablon akan terasa lebih mudah dan tinta tidak cepat mengering.

TIPS 2 : bila anda berminat untuk menghancurkan afdrukan yang telah anda buat karena anda sedang iseng Tongue out atau anda memang ingin mengganti gambar yang anda ingin cetak, namun sisa – sisa tinta yang ada tidak mau hilang, anda boleh mencoba kombinasi bahan – bahan kimia sebagai berikut ; cairan kaporit / bayclin boleh dicampur dengan cairan soda api / coustic ( hati – hati cairan ini sangat gatal bila terkena kulit, jadi usahakan untuk menggunakan sarung tangan karet yang tebal saat menggunakannya ), dan anda juga bisa mencoba untuk menambahkan cairan M – 3 untuk merontokkan tinta tersebut. Semoga berhasil kawan – – O ya, anda perlu menyiramkan cairan kombinasi ini ke seluruh permukaan screen dan tunggu beberapa saat ( kurang lebih 15 – 30 menit ) lalu setelah itu bilas dengan semprotan air yang bertekanan tinggi.

TIPS 3 : bila semua cara telah anda coba namun tetap gagal, ini berarti saatnya anda mempraktekkan jurus rahasia yang telah anda pelajari dari suhu anda, dengan jurus dewa mabuk, pasang kuda – kuda anda, lalu tendang sekuat mungkin screen tersebut sehingga membuat lubang yang menganga di kain saring, bila anda sudah merasa puas setelah membalaskan dendam membara anda, anda bisa mempertimbangkan untuk ;

1. Membeli screen baru

2. Memasang kain saring / screen baru di bingkai lama yang telah anda lubangi tersebut. Tongue out

Kedua, membersihkan screen dari obat afdruk :

Ada beberapa obat / bahan pembersih screen yang dapat anda gunakan untuk melakukan proses ini, seperti misalnya ;

REMOVER PASTA :

Pembersih berbentuk pasta ini cukup efektif untuk membersihkan screen yang relatif bersih dari kotoran ( sisa tinta ), kelebihannya adalah sifatnya yang ramah lingkungan sehingga cukup aman untuk kulit dan tidak akan merusak kain saring anda / screen. Cara penggunaannya : cukup dioleskan secara merata ke bidang screen yang masih terlapisi oleh stencil / obat afdruk ( setelah terbebas dari bekas tinta ), biarkan obat ini bekerja ( sekitar 5 menit ), lalu siram dengan air bertekanan tinggi, ulangi proses bila stencil belum bersih sempurna.

CAIRAN KAPORIT & SODA API ( COUSTIC ) :

Bahan kimia yang cukup keras, jangan coba – coba mandi pakai cairan ini dijamin anda akan gatal – gatal Laughing. Sudah diakui keandalannya oleh para praktisi sablon untuk menghilangkan bekas stencil / obat afdruk, terutama karena harganya yang sangat terjangkau. Kekurangannya adalah kalau digunakan secara berlebihan dapat merusakkan kain saring / screen. Cara penggunaan : larutkan bubuk kaporit dengan air hangat secukupnya ( usahakan anda membeli serbuk kaporit yang berbentuk tepung halus – bukan yang butiran ) aduk sampai merata, lakukan yang sama dengan soda api ( hati – hati soda api akan menimbulkan reaksi kimia ketika dilarutkan dengan air – jadi gunakan wadah yang tahan panas dan jangan dekat – dekat ketika proses ini terjadi ), campur kedua cairan ini menjadi satu dengan perbandingan 1 : 1, siramkan cairan ini ke screen yang ingin anda bersihkan, gosok secara perlahan dan merata menggunakan sikat gigi bekas, diamkan beberapa saat, setelah obat afdruk terlihat meluntur, siram dengan air bertekanan tinggi sampai screen bersih secara sempurna.

PEMBERSIH CAIR

Mirip seperti cairan kaporit & soda api, namun lebih bersahabat terhadap kain saring / screen. Daya bersihnya cukup bagus, penggunaannya sangat mudah cukup disiramkan saja, diamkan beberapa saat sampai obat bekerja, lalu siram dengan air bertekanan tinggi.

GHOST REMOVER / FABRIC REGENERATOR

Apa ??!! Pembasmi Hantu ?? emangnya roh gentayangan bisa ikutan nyablon yach ?? Tongue out

Hehehe … ini bukan hantu beneran, tapi sifatnya sama – sama nyebelin. Yang dimaksud disini adalah terjadinya pembayangan yang disebabkan oleh tinta yang tersangkut disela – sela jaring kain saring. Biasanya pembayangan ini sulit sekali dibasmi oleh obat pembersih stencil / obat afdruk biasa, dan kalo dibiarkan bisa mengganggu saat pencetakan berikutnya. Jadi anda bisa menggunakan Ghost Remover / Fabric Regenerator Pasta untuk menghilangkannya, cara penggunaannya mirip dengan Remover Pasta.

DEGREASER

Sebenarnya obat ini fungsinya untuk membersihkan sisa – sisa kotoran yang masih menempel di screen seperti ; debu, minyak, tinta, dsb. Ada yang berbentuk pasta dan ada juga yang berbentuk cairan. Meskipun fungsinya cukup penting sebagai salah satu rangkaian dalam proses pembersihan screen, namun banyak praktisi sablon di Indonesia yang tidak menggunakannya, apalagi alasannya kalau bukan karena harganya yang mahal. Alternatif murah yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan campuran sabun colek dengan M 3 ( meskipun sedikit ngaco karena M 3 itu sebenarnya minyak ). Bila anda ingin agar screen anda awet dan selalu bersih, maka sebaiknya anda selalu menggunakan obat degreaser ini sebelum anda menggunakan obat pembersih stencil / obat afdruk, juga setelah obat adruk tersebut dibersihkan dari screen ( untuk menghilangkan sisa obat pembersih yang masih tersisa di screen, karena dapat mempengaruhi hasil afdrukan anda selanjutnya ).

About these ads

45 Comments

  1. Artikelnya sangat membantu saya. . Terimakasih.. XD

    tapi saya mau tanya, screen yg belum di bersihkan selama hampir 2 minggu apakah msih bs d bersihkan?

    Saya ceroboh dan lupa membersihkannya

  2. usefull neh thx

  3. Bro, mo nanya nih :
    1. Gw sekrg lg ngerjain sablonan di besi. Cat yang digunakan untuk sablon adalah cat kuda terbang (sintetik), mnurut lho cara membersihkan screen dari cat itu gmn ya soalnya sekarang klo cat udah kering di screen, screennya gak bs dipake lg
    2. Mnurut lo untuk media besi, cat yang cocok digunakan apaan ya biar screen tahan lama

    thanx bgt ya bro

  4. mas2.om2…mau tnya nh…

    1. kmrn pas nyblon lp dibersihin, pas dibersihin obat afdruknya udah ilang tapi tinta sablonnya msh ada yang nyempil, susah bgt di ilanginya…pke jurus apalagi ya mas…

    2. biar sablonannya ga beleber kesamping campuran tinta sablonnya yang pas berapa yang pas ya biar agak tebel hasilnya ? saya pk screen no 56

    makasih ya mas.. tolong dibalas ya…….

  5. BOS. SAYA PUYA BIDANG KERJA GARMENT. SERING MEMBUAT WARNA PUTIH.
    KLO MINYAK,KARAT,TINTA, YANG SUSAH DI BERSIHKAN .ADA SOLUSI OBAT APA YAH,TOLONG BANTU SAYA, SPECIAL DI KAIN COTTON TWILL

  6. Assalamualaikum wr.wb
    tolong, bantu saya…..pusing…kalau sudah berurusan sama menghapus afdruk, karena gampang2 susah….kadang bisa, kadang tidak bisa akhirnya screen saya banyak film nya belum di hapus….saya biasanya pakai byclean….tapi tidak cespleng…! apa ada yang lebih ok…? tolong saya bantu, jadi males ……kalau begini….obat afdruk yang saya pakai ‘super-x’…… trim jawabannya

  7. Mau tanya nih. Screen saya sewaktu terakhir kali pakai bulan lalu masih ada sisa tintanya.
    Tapi sekarang sewaktu mau saya bersihkan, ternyata hilang dengan sendirinya.
    Maksudnya, screennya hilang.
    Masalahnya, model yang saya afdruk ikut raib bersama screennya. Katanya sih pulang kampung. Dihamili pacarnya.

  8. bos, gmn cara bikin tulisan timbul pada logam?

  9. bahan apa saja yang di butuhkan untuk hot prin?

  10. makasih atas infox kk . . sangat membantu . .

    btw,
    DEGREASER tuh berapaan hargax kk . . ?

  11. ini yang punya kemana ya ?
    Banyak yang nanya tapi gak ada yang di tanggepin.

  12. kalo screen 1 mg baru di bersihkan bisa tidak.. thx

  13. iya neh yg punya kemna ya.. padahal saya jg punya keluhan kayak pertanyaan diatas.

  14. Mksh ea Bro.. Artikel ny sngat ngebantu boangeetz… Gmana klo mo yg 2 warna nyblon ny,ap hrus film ny sedia 2 jg mas?

  15. Haloooo bang,,
    saya beli sweater!! gambar sablon belakangnya tipis, terus agak kurang bagus juga gambarnya!!
    cara ngilanginnya gimana yah!!??
    klo ngga bisa dihilangkan,, mungkin gambarnya dibikin kacau aja!!

    tolong kasih tau!! PLEASEEE…..

  16. Tips no.3 paling jitu !!!

  17. pak tlong bntu ychhh . . .
    gma cih cara na untuk hilangin bkas atau sisa2 gambar yg d di kain sablon /skrinn . . .
    and ksih tau alat2 na buat meng hapus na . . . . .

  18. gen kalo catnya udah kering gmn cara iglainginnya .soalnya saya baru pemula damlam belajarsablon ..mohon bantuaan

  19. yang punya blog ini BISUUUU….kale…atau memang isi blog ini cuma dicopy dari blog orang lain…soalnya gak ada jawaban …begitu banyak orang posting atau coment

    • @bram
      ente minta tolong atau mau apa…otak koplak cuma bisa disuapin doang kapan mau jadinya loh..kalo u punya yang bisa share ..share aja ..masing2 orang ada batasnya !

  20. asuuuuuuuuu…………..kie sing duwe blog, nek ra iso jawab rasah posting

  21. dlogokkkkk tenan ogz………..dijagak ke jawabane brang……

  22. kasih tau dong ,cara nyablon di permukaan melengkung(seperti gelas) dan tinta jenis apa yg dgunakan .
    Terimah Kasih)

  23. langsung dicoba… smoga brhasil…

  24. mohon bimbinangan cara sablon yang paling tepat.untuk saya ajarkan disekolah smp banyuwangi

  25. om mau tanya nih. kalau ada bekas obat afdruk yang masih menempel pada screen dan susah sekali untuk di hapus walaupun sudah menggunakan m3 atau yang lain itu alternatif caranya bagaimana ya?

  26. sisa afdrukan ga akan hilang pake m3 om yoshi….karna m3 cma peka terhadap tinta…apakah didiamkan dulu setelah melumuri obat afdruk di screennya?

  27. Kalo tinta yang kering di screen, lumuri screen pake M3 dan taburkan sedikit detergen diatasnya..diamkan selama 20 menit, dan usahakan selama proes ini screen jangan terkena air dulu…setelah itu baru kita semprot dengan air bertekanan tinggi…nah, jurus rahasianya ; kalau ada tinta yg membandel, cba gosok dengan jari kanan anda dan taruh jari kiri anda pas dibelaknag screen yang digosok, jadi jari tangan kanan dan kiri anda bersatu…jari kanan menggosok dan jari kiri sebagai ‘media’ penahannya….namun langkah ini harus dilakukan secara ati2 jangan terlalu kuat hingga menyebabkan screen sobek..Semoga Berhasil…

  28. gan ane mau nanya, kata agan kan jangan sampai tinta kering di screen kan ? nah gimana klo ane sablon baju untuk jumlah banyak, apakah harus sablon satu baju trus cuci, dan sablon 1 baju lagi trus cuci lagi dan berulang sampai semua baju selesai di sablon ?
    mohon pencerahan nya gan :D

  29. gan ane mau nanya, kata agan kan jangan sampai tinta kering di screen kan ? nah gimana klo ane sablon baju untuk jumlah banyak, apakah harus sablon satu baju trus cuci, dan sablon 1 baju lagi trus cuci lagi dan berulang sampai semua baju selesai di sablon ?
    mohon pencerahan nya gan

  30. http://www.taskameramurah.com mantappppppp

  31. Mau tanya gan, gimana ngebersihin screen yang kena tinta rubber yang ud kering? soalnya bbrpa waktu lalu saking capeknya abis ngerjain banyak order akhrnya lupa ngbersihin tu screen, keesokan harinya ternyata ud kering plus terkena sinar matahari lumayan panas karena lupa lagi di taruh di luar. Trims gan.

  32. Mau tanya gan…beli cairan M3 dimana ya?
    tolong infonya …trims

  33. bubuk kaporit enal gk sih kalo d.makan????

  34. Lah ini orangnya kemana sih ???
    Jualan kok gak ditungguin

    • emang situ mau beli apa ? pada bacot doang sih ..

  35. Cara ngilangin bekas tinta yg bandel gampang gan..prtama-tama ambil scren,lalu dgn sekuat tenaga lemparkan sejauh-jauhnya.BEREZZ…

  36. boss saya mau tanya nih,saya coba hapus gambar distensil pakai ulano5 tapi kok kadang bisa kadang nggak? tolong bantuannya boss,gimana cara yg tepat,trims

  37. bung saya sangat tertarik dengan kemampuan bung dalam hal kimia, tolong bantu saya, bagimana cara menghilangkan tinta yang menempel pada uang kertas produksi peruri yang produk gagal ? minta resepnya yaa bung. tks.

  38. gmna caranya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers